Yuk Gabung Bersama UNTAN Membangun Negeri Menjadi Lebih Maju

Yuk Gabung Bersama Untan Membangun Negeri Menjadi Lebih Maju. Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk membangun sebuah negeri. Satu diantaranya adalah melalui Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada pada negeri tersebut. Untuk menumbuhkembangkan sumber daya manusia juga ada banyak caranya, salah satunya adalah melalui pendidikan tinggi di perguruan tinggi. Mendengar kata perguruan tinggi, menurut saya ini bukanlah kata yang asing bagi kita semua. 

Menurut UU RI Nomor 12 Tahun 2012 tentang pendidikan tinggi:
  • Pada Pasal 1 ayat 1 berbunyi “Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara”.
  • Pada Pasal 1 ayat 2, bunyinya “Pendidikan Tinggi adalah jenjang pendidikan setelah pendidikan menengah yang mencakup program diploma, program sarjana, program magister, program doktor, dan program profesi, serta program spesialis, yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi berdasarkan kebudayaan bangsa Indonesia”.
  • Sedangkan pada Pasal 1 ayat 6, berbunyi “Perguruan Tinggi adalah satuan pendidikan yang menyelenggarakan Pendidikan Tinggi”.
Jadi, kurang lebih begitu maksud/tujuan dari pendidikan, pendidikan tinggi dan perguruan tinggi. Selanjutnya saya akan membahas tentang bagaimana sih peran Universitas Tanjungpura dalam membangun negeri.
Sumber: untan.ac.id

Tahukah kamu? Universitas Tanjungpura atau biasa disingkat dengan Untan merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang ada di Kalimantan Barat. Bertempat di Kota Pontianak, menjadikan Untan sebagai perguruan tinggi yang strategis dan terjangkau oleh pemuda-pemudi daerah yang akan melanjutkan pendidikan dan pembangunan negerinya, khsususnya didaerahnya sendiri. Menurut rilisan di website resmi Untan, dari sejak berdirinya hingga sekarang ada visi dan misi yang ingin dicapai oleh Untan. Adapun Visi Untan adalah pada tahun 2020 Untan menjadi institusi preservasi dan pusat informasi ilmiah Kalimantan Barat serta menghasilkan luaran yang bermoral Pancasila dan mampu berkompetisi baik di tingkat daerah, nasional, regional, maupun internasional. Sedangkan untuk misinya adalah menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat secara bermutu sehingga dapat menghasilkan luaran yang mampu mengikuti, mengembangkan dan memajukan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni serta mampu memberikan arah bagi pengembangan sesuai dengan disiplin ilmu masing-masing.

Visi dan misi UNTAN tersebut diwujudkan dengan berbagai cara, satu diantaranya adalah melalui konsentrasi pada bidang ilmu. Berbagai konsentrasi program studi telah dibuka oleh Untan. Mulai dari konsentrasi ditingkat diplomasarjanapasca sarjana hingga tingkat doktoral dan keprofesian. Konsentrasi ini akan menjadi fokus setiap lulusannya untuk menjadi agen-agen dan kontributor pembangunan negeri. (Note: Silahkan klik saja tingkat konsentrasinya, kamu akan diarahkan menuju konsentrasi-konsentrasi yang ada di Untan pada website resminya).

Tidak hanya menunjang pembelajaran di kelas saja, Untan juga menyediakan pembelajaran yang ilmunya disampaikan dan diperoleh di luar kelas. Pembelajaran tersebut bisa kita peroleh pada organisasi-organisasi kemahasiswaannya, mulai dari tingkat himpunan, fakultas, hingga universitas. Setiap jurusan mempunyai himpunannya masing-masing. Setiap fakultas juga demikian, ada badan ekskutif dan dewan perwakilan mahasiswanya yang menaungi himpunan dan unit kegiatan yang ada di fakultas tersebut. Adapun unit-unit kegiatan mahasiswanya adalah unit kerohanian, minat dan bakat dan keilmuwan, sama juga dengan di tingkat universitas. Misalnya, sekarang saya adalah pengurus di Himpunan Mahasiswa Sistem Komputer, mendapat amanah sebagai Kepala Divisi Kaderisasi tentu menjadi pembelajaran dan kesempatan bagi saya untuk meningkatkan kualitas diri saya khususnya pada karakter dan jiwa kepemimpinan saya. Selain itu ditingkat fakultas, saya juga aktif di Ikatan Mahasiswa Katolik Fmipa Untan (ukm kerohanian) namun tidak lagi menjadi pengurusnya, di sini saya mendapat kesempatan untuk menimba dan menumbuhkan kerohanian saya bersama saudara-saudara yang seiman dengan saya. Untuk tingkat universitas, saya bergabung di Unit Kegiatan Mahasiswa Penalaran dan Penelitian Lingkar Ilmiah Studi Mahasiswa (UKM PP Lisma), di ukm ini saya berkesempatan menimba ilmu yang berkaitan dengan kepenulisan dan penelitian. Puji Tuhan, sekarang saya juga mendapat amanah menjadi wakil ketua umum di ukm ini. Selain belajar keilmuwan dan keilmiahannya, saya juga berlajar untuk menjadi pemimpin.

Selain menjunjung tinggi pendidikan, Universitas Tanjungpura juga menjunjung karakter dan kerohanian mahasiswa/i. Saat semester pertama, mahasiswa baru diarahkan dan diwajibkan untuk mengikuti program Pendidikan Karakter dengan bobot mata kuliahnya sebesar 1 sks dari mata kuliah pendidikan agama. Program ini berlangsung selama satu semester sesuai dengan muatan masing-masing agama yang bersangkutan. Tentu pendidikan adalah modalnya, namun menurut saya juga perlu bumbunya. 

Mengacu pada beberapa poin di atas, dapat disimpulkan bahwa berikut ini adalah modal yang dapatUntan andalkan untuk membangun negeri:
  • Selalu berdoa dan memohon berkat pada Tuhan agar Untan bisa menjadi universitas yang bermanfaat bagi mahasiswa dan masyarakat Indonesia, terkhususnya masyarakat di daerah Kalimantan Barat. Tuhan tahu dan mengerti maksud dan tujuan kita jika itu adalah demi kebaikan bersama.
  • Visi dan Misinya, bekerja dan terus berjalan sesuai visi dan misi tentu ini adalah langkah keduaUntan untuk membangun negeri. Visi dan Misi tersebut sudah pasti menjadi pemandu dan jalan Untan untuk muwujudkan cita-citanya dalam membangun negeri, ini patut kita apresiasi dan dukung bersama-sama.
  • Modal berikutnya adalah konsentrasi bidang ilmu pendidikannya. Masing-masing konsentrasi ini juga sudah pasti mempunyai tujuan khsususnya tersendiri dan sudah pasti akan lahir lulusan-lulusan yang siap untuk membantu permasalahan dan menyumbang ide, pemikiran, dan ilmunya untuk membangun negerinya dalam berbagai aspek kehidupan, sesuai dengan bidang konsentrasi ilmunya masing-masing.  
  • Kualitas sumber daya mahasiswa dan dosennya, dengan mengaplikasikan sumber daya manusia yang berkualitas tentu ini adalah modal penting untuk menyutik pembangunan di negeri kita. Kualitas sumber daya mahasiswa bisa diperoleh melalui pendidikannya saat belajar didalam kelas, pelatihan atau workshop di kegiatan keorganisasiannya. Unit-unit kegiatan mahasiswa mempunyai peranan penting dalam hal pembentukan sumberdaya ini. Sedangkan pada sumber daya dosennya, bisa diperoleh melalui kualitas kependidikan dan hasil-hasil risetnya. Kedua kualitas sumber daya manusia ini haruslah seimbang. 
  • Modal terakhir adalah karakter lulusan. Karakter ini sendiri bisa diperoleh melalui Program Pendidikan Karakter Untan dan pengkaderan ataupun proses kaderisasi dalam internal organisasi/ ukm yang ada di Untan. Dewasa ini kebanyakan dari kita lebih melihat karakter dari pada kualitasnnya, maka dari itu karakter adalah modal yang wajib dan jangan sampai dilupakan oleh kita semua untuk bersama-sama mewujudkan Untan yang sesuai dengan visi dan misinya serta harapannya dalam membangun negeri.
Nah itulah artikel mengenai Bersama UNTAN Membangun Negeri semoga bisa bermanfaat untuk teman-teman yang ingin mencari ilmu yang bisa bermanfaat untuk diri sendiri dan juga bangsa Indonesia ya, Aamiin.
Lebih baru Lebih lama