Apa Itu Roasting Kopi?

Apa Itu Roasting Kopi? Tahukah Kamu, Rоаѕtіng kopi atau coffee roasting merupakan рrоѕеѕ реmаnggаngаn atau penyangraian bіjі kopi уаng mаѕіh mentah (grееn coffee bеаns) sampai tіngkаt kematangan sesuai yang diinginkan.

Apa Itu Roasting Kopi?

Apa Itu Roasting Kopi


Seperti yang sudah Kami singgung diawal artikel ini, Roasting Kopi merupakan proses pemanggangan atau sangrai biji kopi mentah ke tingkat kematangan yang diinginkan.


𝐋𝐄𝐕𝐄𝐋 𝐑𝐎𝐀𝐒𝐓𝐈𝐍𝐆 𝐊𝐎𝐏𝐈

Pada umumnya ada tingkat kematangan kopi atau Roasting Level Coffee, 3 level roasting kopi diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. 𝐋𝐢𝐠𝐡𝐭 𝐑𝐨𝐚𝐬𝐭: pada level ini, biji kopi memiliki warna yang lebih cerah dibandingkan dengan medium dan dark. Light roast memiliki karakteristik seperti acidity tinggi, nutty, body rendah, dan sweetness tinggi.
  2. 𝐌𝐞𝐝𝐢𝐮𝐦 𝐑𝐨𝐚𝐬𝐭: pada level roasting kopi ini biji kopi memiliki warna yang cenderung lebih gelap dibandingkan light roast. Medium roast memiliki karakteristik diantaranya seperti acidity balance, nutty balance, body balance, sweetness balance.
  3. 𝐃𝐚𝐫𝐤 𝐑𝐨𝐚𝐬𝐭: pada level roasting kopi ini biji kopi memiliki warna yang gelap dibandingkan dengan light maupun medium roast. Dark roast memiliki karakteristik body dan sweetness.

𝐀𝐩𝐚 𝐏𝐞𝐫𝐛𝐞𝐝𝐚𝐚𝐧 𝐑𝐨𝐚𝐬𝐭𝐢𝐧𝐠 𝐋𝐞𝐯𝐞𝐥 𝐝𝐞𝐧𝐠𝐚𝐧 𝐏𝐫𝐨𝐟𝐢𝐥𝐞 𝐊𝐨𝐩𝐢?

Apa sih perbedaan dari Roasting Level dengan Roasting Profile Kopi? Tahukah Kamu, level roasting kopi merupakan tingkat kematangan berupa warna pada biji kopi ketika dipanggang/sangrai. Sedangkan roasting profile merupakan karakter dari kopi ketika dipanggang/sangrai.

Roasting profile kopi ini terkait semua variabel pada saat disangrai, baik itu menyangkut waktu, suhu, besarnya api (power). Level Roasting Kopi sendiri memiliki turunan, antara lain Light to Medium, dan Medium to Dark. Untuk penjelasan lengkapnya bisa tonton langsung di Youtube Taman Delta di bawah ini.

Baca artikelnya di: https://deltacoffee.co.id/roasting-kopi/

𝐓𝐨𝐧𝐭𝐨𝐧 𝐬𝐞𝐥𝐞𝐧𝐠𝐤𝐚𝐩𝐧𝐲𝐚 𝐝𝐢 𝐘𝐨𝐮𝐭𝐮𝐛𝐞 𝐓𝐚𝐦𝐚𝐧 𝐃𝐞𝐥𝐭𝐚 𝐈𝐧𝐝𝐨𝐧𝐞𝐬𝐢𝐚: https://www.youtube.com/watch?v=y3c5ArAh8Mk

Nah itulah Berita-Terbaru.NET kali ini mengenai Apa Itu Roasting Kopi. Bagikan informasi ini ke teman-teman Kamu melalui media sosial yang Kamu miliki.
Lebih baru Lebih lama