Cari Domain TLD Termurah? Domainesia Pilihannya

Advertisement

Space Iklan 970x90px

Cari Domain TLD Termurah? Domainesia Pilihannya

Admin
Sabtu, 23 Januari 2021

Anda saat ini sedang membutuhkan domain tld yang murah dan aman? Domainesia.com saja. Tapi sebelum masuk ke Domainesia, Anda sudah tahu belum dengan macam-macam domain yang ada di dunia ini? Kalau belum tahu wajib baca lengkap informasi Berita Terbaru kali ini ya.


Sebelum Anda membeli sebuah domain untuk keperluan website, sebaiknya Anda wajib untuk mengetahui jenis-jenis domain supaya tidak salah pilih.

Jenis-Jenis Domain Name di Dunia


Domain TLD Termurah di Indonesia



Perlu Anda ketahui, domain name atau nama domain merupakan sebuah nama unik yang digunakan untuk mengenali sebuah website yang ada di internet. Tentunya Anda tidak asing lagi bukan dengan ejaan dari sebuah iklan website yang menyebutkan "triple double-u dot com"? Yang artinya mereka mengiklankan produk mereka beserta alamat website mereka. 

Triple double-u dot com itu adalah ejaan yang kalau dijabarkan berarti www.namabrand.com, nah dalam dunia digital tanda baca titik di eja menjadi dot.

Jenis-Jenis Domain Name dan Fungsinya


Kembali lagi kepada topik utama Jenis-Jenis Domain dan Fungsinya, tentunya domain adalah komponen penting dalam dunia digital. Dengan adanya domain kita bisa membedakan suatu website, sehingga kita tahu mana website si A dan mana website milik si B. Jadi fakta-fakta mengenai domain tidak akan saya bahas detail disini. 

Tentu Anda sudah tidak asing lagi dong dengan ejaan dot com yang sering di ucapkan iklan digital. Tahukah Anda? Ternyata hingga saat ini, ada banyak jenis-jenis domain yang disediakan, sehingga ekstensi domain pun menjadi lebih banyak. Jadi tidak hanya .com yang Anda ketahui saja, melainkan ada banyak yang lainnya. Berikut Jenis-Jenis Domain dan fungsinya. 

1. Top Level Domain (TLD)


Top level domain atau yang biasa di sebut dengan domain TLD merupakan jenis domain yang paling banyak diminati pengguna. Pasalnya jenis domain ini “Katanya” disukai oleh Google, ah masak sih? Tidak semuanya benar, karena Google “suka” kepada suatu website tidak didasari melihat ekstensi domain yang digunakan website tersebut saja. 

Melainkan dilihat dari beberapa faktor lainnya, seperti konten, dan akselerasi dari suatu website. Perihal faktor-faktor apa saja yang bisa membuat website disukai oleh Google akan Kami bahas pada artikel yang berbeda. 

Nah kembali lagi pada sub-topik, adapun jenis domain yang satu ini memiliki beberapa ekstensi domain. Ekstensi domain pada Top Level Domain (TLD) antara lain: 

  1. .com: ya tentunya sudah tahu dong ekstensi domain paling populer yang satu ini. Ekstensi jenis domain ini bisa digunakan untuk perusahan, personal, organisasi, ataupun kelompok/komunitas lain.
  2. .net : contohnya seperti berita-terbaru.net yang saat ini sedang Anda akses.
  3. .org
  4. .info

2. Country Code Top Level Domain (ccTLD)


Jenis domain yang satu ini tentunya tidak kalah populer dengan jenis domain sebelumnya. Yang menjadi pembeda adalah, ccTLD menggunakan kode suatu negara sebagai identitas utamanya. Seperti halnya jenis domain TLD yang memiliki beberapa ekstensi domain, Country Code Top Level Domain juga memiliki berbagai ekstensi diantaranya: 

  • .id : yang berarti domain ini berasal dari Indonesia yang fungsinya sama seperti .com dengan kekuatan yang bersifat umum namun di lingkup negara Indonesia, bukan global internasional
  • .my : domain yang berasal dari Negeri Jiran Malaysia.
  • .us : jenis ektensi domain ini singkatan dari United States artinya domain ini berasal dari Amerika Serikat.
  • .uk : United Kindom yakni Inggris
  • .au : domain yang berasal dari Australia
  • .sg : domain yang berasal dari Singapore

Dan masih banyak ekstensi jenis-jenis domain yang ada pada Country Code Top Level Domain. Di Indonesia sendiri jenis domain atau tipe domain .id di kelola oleh Pandi dibawah pengawasan atau pengelolaan oleh Kominfo Indonesia. 

Meskipun demikian, domain ccTLD tetap masih bisa bersaing dengan domain TLD seperti .com atau sebagainya.

3. Generic Top Level Domain (gTLD)


Awalnya Jenis Domain ini merupakan jenis domain yang khusus yang ditujukan untuk instansi atau sebuah lembaga. Jenis-jenis ekstensi domain yang ada pada Generic Top Level Domain antara lain adalah sebagai berikut. 

  1. .edu : yang digunakan untuk instasi atau lembaga pendidikan
  2. .mil : digunakan sebagai jenis domain untuk instansi militer
  3. .gov : jenis domain yang digunakan untuk pemerintahan
Jenis-jenis domain diatas tentunya tidak bisa digunakan oleh sembarangan orang atau kelompok. Ada beberapa syarat yang harus ditunjukkan untuk mendapatkan domain ini.

4. Second Level Domain (SLD)


Jenis-jenis domain dan fungsinya selanjutnya adalah Second Level Domain atau biasa disingkat dengan SLD. Tipe domain yang satu ini merupakan turunan dari jenis domain TLD yang sudah ada. Misalkan jika pada jenis domain TLD .id, berarti SLD-nya jenis domain .id adalah sebagai berikut. 

  • .ac.id : digunakan untuk website Universitas, tidak sembarangan yang bisa menggunakan jenis domain ini. Harus benar-benar dari lembaga pendidikan yang dibuktikan melalui surat-surat lembaga yang masih berlaku.
  • .sch.id : sama seperti halnya jenis domain .ac.id, yang menjadi pembedanya adalah domain ini diperuntukkan untuk sekolah SMA/SMK/SMP atau sejenisnya.
  • .co.id : sama seperti halnya .ac.id, domain ini di peruntukkan untuk perusahaan yang ditunjukkan melalui surat-surat ijin usaha yang masih berlaku.
  • .web.id : bisa digunakan oleh seluruh warga negara Indonesia yang ber-KTP.
  • .biz.id : tidak ada syarat, boleh digunakan oleh siapa saja.
  • .ponpes.id : yang terbaru dari jenid domain SLD .id adalah domain yang diperuntukkan untuk pondok pesantren di Indonesia.

Wah bagaimana? Jenis-jenis domain SLD dari .id saja sudah menyeluruh dan banyak. Semua go-digital dong, jadi jangan mau kalah buat yang punya usaha/bisnis harus go-digital juga.

5. Subdomain


Nah jenis-jenis domain dan fungsinya yang terakhir adalah subdomain. Jenis domain ini biasanya digunakan oleh internal pemilik domain TLD yang sudah dimiliki sebelumnya. 

Tujuannya untuk membedakan atau menghemat anggaran. Misalkan Kami pemilik domain berita-terbaru.net ingin membuat sebuah website untuk mengelola bisnis Kami yang baru Event Organizer. Mengingat Kami sudah memiliki domain TLD, jadi Kami tidak perlu beli yang baru, tinggal buat subdomain saja. 

Sehingga sub-domain yang dihasilkan menjadi seperti berikut ini:

subdomain.berita-terbaru.net Nama subdomain bebas bisa Anda pilih sesuai yang Anda inginkan. Yang terpenting dalam memilih sebuah nama domain adalah mudah diingat.

Cari Domain TLD Termurah di Indonesia?


Kembali ke pertanyaan di awal artikel ini, yang menanyakan dimana tempat penyedia domain TLD termurah? Kami tentunya merekomendasikan Domainesia.com.

Apalagi saat ini, domain TLD seperti .com bisa Anda dapatkan hanya Rp 99.000/tahun di Domainesia.com. Domain .com murah cuman 99k. Ya dimana lagi kalau bukan Domainesia.com.

Di Domainesia Anda tidak hanya bisa mendapatkan domain tld murah yang sedang Anda butuhkan. Melainkan lebih dari itu, Anda bisa bisa juga belajar membuat blog termudah melalui artikel-artikel yang di sediakan oleh Domainesia.

Di Domainesia.com Anda juga bisa mendapatkan artikel-artikel yang berhubungan dengan digital marketing secara gratis. Mulai dari cara membuat blog termudah, tips seo, dan masih ada banyak lainnya yang bisa kamu pelajari.

Jadi, Mana Domain Name Pilihan Anda?


Semoga domain name yang Anda cari bisa segera diakuisisi dan dijadikan sebagai nama domain untuk situs Anda.

Nah itulah informasi kali ini mengenai Domain TLD Termurah dari kami berita-terbaru.net, semoga bisa bermanfaat dan membantu sebagai referensi dalam mencari sebuah domain yang sesuai dengan kebutuhan.