5 Masalah Klasik Bisnis ini Bisa Diatasi dengan Software ERP

Berita-Terbaru.NET - Mungkin Anda menjual produk yang sangat bagus. Apalagi sudah memberikan layanan yang sangat valuable untuk pelanggan. Dan tim Anda mungkin adalah orang-orang yang benar-benar ahli di bidangnya. Bagaimanapun, bisnis apapun itu pasti menemui tantangan-tantangan baru setiap harinya. 

Pertanyaannya adalah bagaimana cara membuat sebuah keputusan untuk menghadapinya. Jika Anda sedang mencari sebuah toolkit yang efektif dan universal, sistem ERP adalah yang Anda sedang cari. 

Perlu Anda ketahui? ERP merupakan sebuah kependekan dari Enterprise Resource Planning. Yang merupakan sebuah solusi kompleks untuk menghindari masalah-masalah bisnis yang paling sering terjadi. 

Nah di dalam artikel ini, akan dibahas apa saja masalah-masalah klasik bisnis yang umum terjadi dan bisa diatasi dengan Software ERP. Simak artikel ini sampai bawah, ya.

 

5 Masalah Klasik yang Bisa Diatasi dengan Software ERP




Berikut adalah 5 masalah klasik bisnis yang dapat ditangani menggunakan solusi software ERP:
  1. Tantangan komunikasi
  2. Tugas manual yang repetitive
  3. Pelacakan data konsumen
  4. Kekacauan finansial
  5. Pembuatan keputusan
Yuk, kita bahas lebih dalam satu persatu kelima masalah di atas.
 

Tantangan Komunikasi

Jika seorang karyawan harus mengkontak karyawan lainnya untuk mendapatkan informasi kunci, Anda bisa jadi berada dalam masalah. Menjadi sangat bergantung dapat menimbulkan sebuah masalah dan sebuah risiko dalam pengaturan profesional. Perusahaan pasti tidak ingin seluruh proses bisnis terhenti karena seseorang tidak siaga terhadap panggilan. 

Perusahaan menginginkan setiap orang punya informasi yang dibutuhkan. Dan perusahaan juga tentunya tidak ingin orang-orang secara konstan mendistraksi satu sama lain. 

Oleh karena itu, perusahaan membutuhkan sebuah sistem untuk menyimpan semua informasi penting yang dibutuhkan. Inilah persisnya apa yang bisa ditangani oleh software ERP. Hasilnya, setiap anggota tim yang berizin akan bisa menemukan apa yang sedang mereka cari.
 

Tugas Manual yang Repetitif

Pada mulanya, melakukan tugas secara manual seringkali adalah satu-satunya opsi yang ada. Bagaimanapun, semakin besar perusahaan berkembang, semakin banyak data yang akan diproses. 

Secara alami, di titik ini, perusahaan akan mempertimbangkan mempekerjakan lebih banyak orang untuk mengatasi masalah muatan tugas baru yang semakin bertambah banyak. Perlu diperhatikan bahwa pertumbuhan perusahaan tidak berarti kenaikan jumlah karyawan. Dengan menggunakan ERP, perusahaan bisa mengatur pekerjaan dari bisnis dengan cara yang benar-benar efektif. 

Misalnya, ERP bisa menciptakan sheet pesanan barang dan invoice sehingga tidak perlu mempekerjakan dedicated accountant. Atau ERP juga bisa menyediakan informasi yang relevan tentang produk yang ada di stok.

 

Pelacakan Data Konsumen

Apapun yang perusahaan lakukan, konsumen adalah raja. Tapi, apa yang terjadi pada data konsumen ketika pesanan sudah terselesaikan? Perusahaan Anda tidak dapat berkembang jika tidak menyimpan jejak detail dari data konsumen tersebut. Perusahaan tidak bisa memenuhi kebutuhan konsumen jika perusahaan tidak memperhatikan mereka. 

Sedangkan, software ERP bisa melakukannya. ERP membantu karyawan perusahaan untuk menjaga jalur semua komunikasi, riwayat pesanan, feedback, dan masih banyak lagi lainnya. Ketika konsumen kembali, siapapun yang ada di dalam tim akan bisa untuk memberikan personally-tailored service yang terbaik untuk konsumen tersebut.
 

Pelaporan finansial yang rumit

Untuk jadi stabil secara finansial, perusahaan harus tahu ke mana perginya uang-uang perusahaan. Tergantung dari beberapa proses yang terlibat pada bisnis, hal ini bisa menjadi tantangan tersendiri, lho, bagi perusahaan tertentu. Di sinilah ERP berperan untuk membantu. 

ERP bisa menyimpan segala informasi tentang pesanan, produksi dan juga biaya pengeluaran untuk pengiriman. ERP dapat menganalisa informasi dan memberikan laporan detail tanpa kesalahan. Software ini bisa sangat kuat yaitu bahkan perusahaan bisa menggunakan mata uang berbeda tanpa adanya kesulitan tambahan untuk menyimpan dan menganalisa datanya.
 

Keputusan yang tidak valid

Dari semua masalah klasik yang sudah disebutkan dan dijelaskan sebelumnya, semua mengarah ke poin ini yaitu pengambilan keputusan. Membuat keputusan adalah salah satu bagian dari pekerjaan yang paling rumit dan perlu tanggung jawab besar. Untuk memampukan karyawan untuk menghadapinya dengan baik, perusahaan perlu menciptakan lingkungan yang layak. 

Sebuah lingkungan di mana mereka akan selalu punya pemahaman yang jelas terhadap kondisi perusahaan. Hal itu hampir tidak mungkin terjadi tanpa bantuan software pintar yang diadaptasi ke kondisi terkait. Saat ini, hampir semua permasalahan bisnis bisa dihadapi dengan satu solusi pasti, yaitu ERP. Untuk masalah kebutuhan bisnis Anda dan kebutuhan pengimplementasian software ERP, klik di sini untuk solusinya.
 

HashMicro Dapat Membantu Perusahaan Anda Dalam Menghindari Masalah Klasik Diatas Dengan Solusi Sistem ERP Terbaik




Perlu Anda ketahui, Software ERP memiliki banyak modul yang bisa digunakan untuk membantu sebuah perusahaan termasuk diantaranya adalah modul Software Akuntansi. Tak terkecuali HashMicro yang memiliki lebih dari 60 modul dengan fitur dan manfaat yang berguna seuai bidangnya. Modul penjualan, pembelian, invetaris, keuangan, laporan, dll ada di HashMicro ERP. 

Bersama tim ahli dari HashMicro tentunya Anda akan dibantu dalam menemukan modul ERP yang tepat sesuai kebutuhan perusahaan Anda. Perlu juga untuk Anda ketahui, HashMicro sudah dipercaya oleh lebih dari 1750 berbagai macam bisnis di Indonesia dan di Singapura. Tunggu apalagi? Yuk segera implementasikan ERP di perusahaan Anda untuk menghindari masalah klasik di atas.
Lebih baru Lebih lama