Cara Membuat Email Gmail Melalui Hp dan Komputer Terbaru

Cara Membuat Email Gmail Melalui Hp dan Komputer dengan Mudah – Assalammualaikum warganet Indonesia, dimanapun berada. Kali ini badrulmozila.com akan memberikan informasi yang mungkin bisa menambah wawasan anda di dunia teknologi. Langsung saja, berikut ini merupakan topik yang akan dibahas :
  • Apa itu Email?
  • Apa manfaat Email?
  • Bagaimana cara membuat Email?
Di zaman yang serba modern ini, apa-apa butuh internet, baik ingin mencari informasi yang berhubungan dengan gaya hidup, pekerjaan, liburan, bahkan kuliner, pasti lebih memilih mencari informasi tersebut melalui internet karena dirasa lebih cepat dan akurat. Internet tidak hanya dimanfaat sebagai sumber informasi saja, tapi juga dapat dimanfaatkan sebagai kebutuhan pendukung sebuah bisnis. Tapi tahukah anda? untuk menggunakan sebuah aplikasi ataupun portal seperti (Facebook, Instagram, Twitter, dll) membutuhkan sebuah Email. Banyak orang yang belum mengetahui apa itu Email dan bagaimana cara membuat Email, padahal Email ini sangat penting loh untuk menjelajahi internet.
apa itu email manfaat email cara membuat email
sumber : redlink
Kalau didunia nyata, bisa dibilang seperti identitas lah ya (KTP, SIM,dsb) nah ibarat jika anda didunia nyata mau mendaftar BPJS, Cek in Penginapan, Membuat SIM, Mendaftar Kerja, atau sebagainya, anda pasti diminta untuk menunjukkan identitas diri anda baik itu SIM, KTP. Nah, sama halnya dengan Email, Email ini nantinya akan diperlukan ketika anda akan mendaftar ke website, portal seperti Facebook, Instagram, Twitter, dsb. Tidak hanya itu, smartphone sekarang ini pun banyak yang meminta Email sebelum menggunakan anda menggunakan smartphone tersebut.
Untuk itu, artikel saya kali ini akan saya beri judul ” Cara Membuat Email Melalui Hp dan Komputer dengan Mudah “. Jadi, untuk anda yang belum tahu mengenai Email, apa manfaat Email, dan bagaimana cara membuat Email, pasti informasi BadrulMozila kali ini akan bermanfaat untuk anda.

Apa itu Email ?

apa itu email cara membuat email gmail
Sebelum berlanjut ke yang lebih jauh mengenai bagaimana cara membuat Email, alangkah baiknya anda mengetahui terlebih dahulu apa itu Email. Atau anda bisa juga membaca artikel dibawah ini :
Baca juga : Mengenal Lebih Dekat Apa itu Email dan Macam-Macam Email
Tahukah anda? Email merupakan nama lain dari Surat Elektronik atau Pos Elektronik yang digunakan sebagai sarana kirim mengirim surat melalui jalur jaringan komputer.

Apa manfaat Email ?

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya pada pengertian Email, Email memiliki manfaat sebagai berikut :
  1. Mengirim surat/pesan menggunakan jaringan komputer (internet) yang bisa terhubung kepada orang yang ada di seluruh dunia hanya dengan memasukkan alamat email orang yang anda tuju.
  2. Selain bisa mengirim surat dalam bentuk teks biasa, anda juga dapat mengirimkan atau melampirkan file, foto, video, dsb dengan batasan ukuran file tertentu.
  3. Dapat terhubung dengan media sosial seperti : Instagram, Facebook, Twitter dsb. Karena pada saat anda akan melakukan pendaftaran menggunakan media sosial ataupun portal lainnya, anda diwajibkan untuk memasukkan sebuah Email untuk verifikasi akun anda, ataupun berguna untuk mengatur ulang kata sandi akun anda ketika anda lupa.
Nah, bagimana menurut anda? seberapa penting dan ber- manfaat Email untuk aktivitas anda di dunia maya? email sendiri memiliki berbagai macam diantaranya seperti : Gmail, Yahoo, AIM Mail. GMX Mail, dan masih banyak yang lainnya.

Bagaimana Cara Membuat Email Melalui Handphone (Smartphone) Maupun Komputer ?

Nah, lalu bagaimana sih cara membuat Email baik melalui handphone maupun komputer? seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, bahwa email itu ada bermacam-macam seperti Gmail, Yahoo, AIM Mail. GMX Mail, dan masih banyak yang lainnya. Tapi kali ini badrulmozila akan memberikan informasi bagaimana cara membuat Email di Gmail.
Kenapa Gmail? karena masayarakat Indonesia sudah terbiasa menggunakan mesin pencari dari Google sampai-sampai Google mendapatkan julukan di sebagian besar masyarakat Indonesia dengan “Mbah Google“, nah Gmail sendiri layanan email dari Google. Jadi, nantinya diharapkan ketika menggunakan Gmail lebih mudah untuk menggunakan layanan Google yang lainnya seperti YoutubeGoogle PlayGoogle Drive, dan masih banyak lainnya (lebih sinkron). Sebenarnya sih, tidak masalah jika anda menggunakan Email dari macam-macam Email yang lainnya untuk terhubung di dunia maya.

Cara Membuat Email Gmail Terbaru 2018

Berikut ini cara membuat Email Gmail :

1. Buka halaman pendaftaran akun Gmail

atau bisa anda buka disini
cara membuat email akun baru gmail
arsip pribadi badrulmozila.com

2. Kemudian, isi data diri anda sesuai kolom yang telah disediakan

cara membuat email gmail isi form
arsip pribadi badrulmozila.com
Untuk lebih detailnya akan saya jelaskan dibawah ini :
  • A (Nama) : isi nama lengkap anda yang anda bagi kedalam 2 kolom (Nama depan dan Nama belakang) contoh jika nama anda terdiri dari 3 karakter (Muhammad Badrul Muhayad) maka anda isi seperti berikut (Nama depan : Muchammad dan Nama belakang : Badrul Muhayad)
  • B (Pilih nama pengguna Anda) : disini anda diminta untuk menentukan nama pengguna yang nantinya akan menjadi alamat email anda misal : badrulmozila@gmail.com, jadi anda isi pada kolom ini seperti berikut : badrulmozila (otomatis @gmail.com akan mengikuti) usahakan nama pengguna tersebut belum dipakai oleh pengguna lainnya, jika sudah terpakai anda diminta untuk mencarinya sampai benar-benar tersedia. Anda juga dapat memakai karaker seperti titik, maupun garis bawah (contoh : badrul.mozila@gmail.com, badrul_mozila@gmail.com)
  • C (Buat sandi) : disini anda diminta untuk memasukkan kata sandi sebagai keamanan akun Gmail anda, usahakan kata sandi anda memiliki kekuatan minimal (sedang) dengan warna indikator orange, kalau bisa (kuat) dengan warna indikator hijau, sandi bisa anda kombinasikan huruf dengan angka misal : badrulmozila1990
  • D (Konfrimasi kata sandi Anda) : pada kolom ini anda diminta untuk memasukkan kata sandi anda yang sebelumnya sudah anda masukkan pada poin C (Buat sandi), hal ini bertujuan untuk mencocokan kata sandi anda, supaya anda terhindar dari salah ketik pada saat memasukkan kata sandi.
  • E (Tangal lahir) : masukkan tanggal lahir anda seperti yang saya contohkan pada gambar diatas
  • F (Gender) : pilih jenis kelamin anda
  • G (Ponsel) : masukkan nomor telepon aktif anda saat ini, karena nomor telepon tersebut akan digunakan untuk proses verifikasi pembuatan akun baru setelah proses pengisian data diri pada halaman ini, misal didalam kolom ini akan ada angka +62 angka ini adalah mewakili nomor dari negara Indonesia yang berarti angka 0, jadi anda lanjutkan saja dengan memasukkan nomor telepon anda misal : nomor telepon anda sebagai berikut 0878181000 jadi, yang anda memasukkan kedalam kolom hasilnya adalah sebagai berikut +62878181000
  • H (Alamat email Anda saat ini) : kosongkan tidak apa-apa
  • I (Lokasi) : pilih negara anda
Setelah anda selesai mengisi data diri anda, kemudian tekan tombol Langkah berikutnya

3. Kemudian akan muncul pesan seperti berikut

cara membuat email gmail
arsip pribadi badrulmozila.com
Tekan tombol panah kebawah sebanyak 2 kali, kemudian akan muncul tombol sebagai berikut
cara membuat email akun baru gmail mudah
arsip pribadi badrulmozila.com
Kemudian, tekan tombol SAYA SETUJU

4. Selamat, akun Gmail anda sudah selesai dibuat

Cara membuat email akun gmail dengan mudah
arsip pribadi badrulmozila.com
untuk mengakses Email anda yang akan anda gunakan untuk mengirim surat, file, foto, video bisa langsung ka halaman gmail(dot)com atau bisa anda klik disini
Bagaimana? mudah bukan membuat Email? jika nanti anda diminta untuk verifikasi nomor telepon, masukkan saja kode yang dikirim ke nomor telepon anda kedalam kolom yang disediakan. Jika kode sudah cocok dengan yang dikirim oleh pihak Google kemudian tekan verifikasi.
Nah, itulah artikel badrulmozila kali ini dengan judul Cara Membuat Email Melalui Hp dan Komputer dengan Mudah semoga bisa bermanfaat. Jika masih bingung dan mau ditanyakan silahkan tanyakan melalui kolom komentar pada artikel kali ini yang berada dibawah ini. Sekian, terima kasih banyak telah menyempatkan untuk membaca artikel Cara Membuat Email Melalui Hp dan Komputer dengan Mudah Waalaikumsalam.
Lebih baru Lebih lama