17 Bisnis Ibu Rumah Tangga Yang Menjanjikan

Advertisement

Space Iklan 970x90px

17 Bisnis Ibu Rumah Tangga Yang Menjanjikan

Admin
Selasa, 12 November 2019

Bisnis Ibu Rumah Tangga - Meskipun merupakan pengurus rumah tangga, seorang ibu juga bisa memanfaatkan waktu luangnya untuk membantu keuangan keluarga dengan menjalankan bisnis yang cocok untuk ibu rumah tangga. Memang hal ini memiliki konsekuensi yang lebih berat, karena si ibu harus menjalankan dua fungsi dan dua tanggung jawab sekaligus, yakni mengurus keluarga dan mengembangkan bisnisnya. Oleh karena itu, bagi wanita berumah tangga yang ingin menjalankan bisnis skala rumahan harus pandai-pandai memilih jenis usaha yang cocok dan fleksibel dengan kehidupan dirinya. Nah, apa sajakah jenis bisnis yang cocok untuk ibu-ibu rumah tangga?
bisnis ibu rumah tangga
Berikut ini akan dipaparkan sederet bisnis skala rumahan yang bermodal kecil tetapi berpotensi menghasilkan keuntungan maksimal dan tentunya lebih fleksibel dengan waktu.

1. Bisnis Online

Bisnis online yang paling populer saat ini dengan modal kecil adalah afiliasi pemasaran dan dropshipping. Kedua istilah ini hampir mirip, yakni memasarkan dan menjual suatu atau beberapa produk milik pihak lain secara online. Anda akan mendapatkan komisi jika berhasil menjual produk para pemilik barang. Untuk mengawali bisnis afiliasi marketing, anda sebaiknya memiliki sebuah blog atau website pribadi. Dengan situs tersebut, anda akan lebih fleksibel untuk menempatkan banner iklan produk, link afiliasi, dan menulis review produk.
Sementara itu, dalam dropshipping, anda menjual produk melalui toko online milik anda. Ketika ada calon konsumen membeli produk melalui toko online anda, maka sebagai dropshipper anda segera melakukan pemesanan ke pemilik produk agar segera mengirimkan barang yang dipesan konsumen. Keunggulan dari bisnis dropshipping adalah anda bisa memasarkan produk tanpa harus membuat atau memiliki sendiri stok barang di gudang. Jadi, bisnis dropshipping merupakan salah satu bisnis online yang bisa dimulai dengan modal kecil. Bisnis online model afiliasi dan dropshipping bisa menjadi salah satu pilihan terbaik untuk usaha sampingan bagi ibu rumah tangga dengan modal kecil dan lebih fleksibel terhadap waktu.

2. Bisnis Keagenan Produk Kecantikan dan Kesehatan

produk kecantikan
Jika anda merupakan sosok wanita yang berwajah mulus dan body seksi walaupun sudah punya anak, maka tanpa disadari anda memiliki potensi sebagai endorser bagi sebuah produk kecantikan ataupun kesehatan. Nah, kondisi tersebut merupakan modal awal untuk menjalani bisnis agen produk kecantikan dan kecantikan. Manfaatkan sosial media seperti Facebook dan Instagram untuk memasarkan produk yang anda jual, contohnya Oriflame, Herbalife, dan sejenisnya. Oriflame adalah brand perusahaan kecantikan internasional yang menawarkan produk kosmetik & perawatan kulit alami berkualitas tinggi melalui jaringan penjualan mandiri dengan sistem penjualan langsung.

Oriflame didirikan di Swedia oleh kakak beradik Robert dan Jonas Af Jochnick tahun 1967. Saat ini, ada lebih dari 60 negara yang sudah dirambah oleh produk Oriflame. Sementara itu, untuk pangsa pasar Indonesia, Oriflame telah berekspansi ke tanah air sejak tahun 1986, dan kini telah memiliki 14 kantor cabang di berbagai daerah di Indonesia. Sebagai perusahaan Direct Selling, Oriflame juga terdaftar di APLI (Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia) yang artinya udah lulus uji dan tidak memiliki unsur money game. Jika Anda suka menjual, Anda dapat meningkatkan penghasilan Anda dengan menghasilkan keuntungan hingga 30% dari order yang Anda kumpulkan dari para pelanggan. Setiap bulan Oriflame menyediakan katalog baru penuh dengan produk kecantikan terbaru – dibuat di Swedia – yang membuat penjualan semudah hanya memperlihatkan katalog. Selain itu, Anda akan mendapatkan lebih banyak uang dengan mengundang orang lain untuk bergabung.

3. Menjadi Penulis Online

Jika anda sudah punya perangkat komputer atau laptop, maka usaha ibu rumah tangga yang bisa dilakoni dengan modal awal 100 ribuan saja adalah dengan menulis konten pada blog atau penulis artikel untuk orang lain. Untuk membuat blog, sebagai permulaan sebaiknya menggunakan blog gratisan (disarankan pakai blogspot.com). Jika ingin terlihat lebih profesional, maka anda cukup mengganti alamat domainnya menjadi Top Level Domain yang bisa didapatkan dengan harga sekitar 100ribu per tahun. Blog dengan trafik tinggi akan sangat mudah sekali mendatangkan uang, misalnya dengan bergabung sebagai publisher Adsense, menjual space iklan, atau menjual produk tertentu lewat blog tersebut.

4. Pembuat Konten Video (Vlog)

Jika anda tidak senang dengan tulis menulis, maka anda bisa mencoba bisnis sampingan dengan membuat video-video bagus di Youtube secara gratis, misalnya video lucu, video tutorial, video perjalanan wisata, dan tema lainnya. Untuk memperoleh penghasilan di Youtube, anda harus bergabung menjadi publisher Adsense. Caranya ikuti panduan monetize di Youtube. Salah satu kendala yang dialami oleh para Youtubers pemula adalah keterbatasan kuota internet, karena mengunggah video membutuhkan paket data ekstra. Beberapa solusi yang bisa ditempuh antara lain: memanfaatkan wi-fi gratis di kantor anda atau lokasi publik yang menyediakan internet gratis, atau anda bisa membeli paket internet tengah malam yang biasanya memberikan kuota paket internet lebih besar dengan harga lebih murah.

5. Bisnis Mengolah Sampah dan Barang Bekas

sampah
Disela-sela waktu istirahat, anda bisa memanfaatkannya untuk mengolah sampah dan barang bekas menjadi produk kerajinan yang ekonomis sehingga menghasilkan uang. Untuk menggapai kesuksesan bisnis ini, kunci utamanya adalah keterampilan dan kreativitas. Bisnis mengolah dan menyulap barang bekas menjadi produk ekonomis bisa menjadi usaha sampingan bagi ibu rumah tangga yang cukup menguntungkan. Bisnis ini bisa dimulai dengan modal kecil, cuma ratusan ribu rupiah atau bahkan tanpa modal uang sekali pun. Berbagai barang bekas dan sampah dari kayu, kertas, daun, atau logam dapat kita beli dengan harga murah atau bahkan gratis sama sekali. Keterampilan dan kreativitas yang kita miliki dapat digunakan untuk menyulap tumpukan sampah dan barang bekas tersebut menjadi sebuah produk yang bernilai ekonomis. Salah satu contoh kisah sukses bisnis ibu rumah tangga mengolah barang bekas adalah Ibu Herlantini di Jawa Barat.

Bersama anggota keluarga yang lain dan bantuan suami, Ibu Herlantini menyulap tabung tv bekas menjadi pigura foto yang cantik. Dengan bahan baku televisi bekas yang diperoleh dari pasar loak seharga 25 ribu rupiah, tv tersebut dibongkar untuk mendapatkan bagian kaca depannya. Kemudian, tabung tv dipecah untuk mendapatkan frame screen yang dimanfaatkan sebagai bahan pigura. Frame screen lalu dibersihkan dari debu dan zat zat kimia yang mungkin terdapat di dalamnya. Setelah itu, dilakukan pengecatan dengan warna sesuai dengan keinginan para pemesanannya. Hanya dibutuhkan waktu sekitar 15 menit saja, pigura televisi yang unik itu telah selesai dibuat. Pigura foto televisi tersebut dibanderol dengan harga 100 ribu hingga 150 ribu rupiah per bingkai, tergantung dari ukuran besar kecilnya pigura.

6. Usaha Laundry

Anda yang tinggal di kawasan perkotaan dan juga daerah transisi kota-desa sangat cocok membuka bisnis jasa cuci pakaian ini. Modal utamanya adalah mesin cuci yang bisa anda beli dengan harga 2-3 jutaan rupiah. Selain itu, setrika listrik dan juga parfum laundry juga wajib disediakan. Anda bisa memanfaatkan halaman belakang rumah anda untuk aktivitas penjemuran cucian. Anda bisa memulai membangun bisnis ini dengan modal di bawah lima jutaan rupiah.

7. Bisnis Jualan Pulsa

Saat ini, jualan pulsa tak harus memiliki counter Hp. Jika anda sudah punya ponsel, maka dengan modal Rp 200.000 saja anda sudah bisa mulai menjalankan bisnis jual pulsa. Cara untuk memulai bisnis jual pulsa modal kecil ini boleh dibilang cukup mudah, yakni dengan mendaftarkan diri kepada agen-agen penjualan pulsa yang ada di daerah anda, atau bergabung menjadi member ke daeler pulsa di internet. Pembayarannya biasanya melalui transfer bank atau menggunakan akun Paypal. Keuntungan yang diperoleh biasanya 1.000 rupiah per transaksi. Beberapa program keagenan pulsa juga menggunakan sistem multi level marketing dan reward bonus, sehingga jika anda berhasil mengembangkan bisnis mereka dengan memiliki jaringan tersendiri, maka anda bisa menikmati bonus ataupun uang ekstra dari agen anda. Uang 200.000 rupiah tampaknya sudah cukup untuk memulai bisnis jual pulsa tersebut.

8. Bisnis Ibu Rumah Tangga sebagai Jasa Jahit Pakaian

Sebuah mesin jahit listrik bisa anda miliki dengan modal 1-2 juta rupiah saja. Jika anda memiliki modal 5 jutaan rupiah, maka sisa modal bisa anda pakai untuk membeli kain, benang, dan peralatan pendukung lainnya. Di desa atau pun di perkotaan, jasa tukang jahit selalu mendapat tempat tersendiri di masyarakat, entah itu untuk keperluan mengecilkan ukuran baju, menjahit pakaian yang robek, memasang atribut pakaian, dan sejenisnya. Bila anda tertarik dalam dunia fashion, maka bisa memulainya dengan usaha jasa penjahit pakaian.

9. Usaha Pembuatan Kue

bisnis kue
Perempuan tentu sangat menyukai dan kompeten dalam hal masak-memasak, termasuk membuat kue. Membuat kue bisa menjadi salah satu ladang bisnis yang menjanjikan bagi ibu rumah tangga. Ada berbagai jenis kue yang bisa produksi, salah satu contoh kue yang cukup unik adalah keu donat dari gel lidah buaya (aloe vera). Untuk membuat kue donat aloe vera, ada dua tahapan yang harus dilakukan, yaitu membuat donat dan membuat selai lidah buaya. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat donat antara lain: tepung terigu protein tinggi (1/2kg), ragi instant (10gr), kuning telor ayam (5 butir), kentang yang telah dikukus (200gr), mentega (70gr), baking powder (3 sdt), gula pasir (200gr), garam (2 sdt), susu cair (200 ml), air jeruk nipis (1 sdm), dan permifan.

Cara pembuatan kue donat: bahan-bahan seperti tepung terigu, ragi instant, baking powder, fermipan, telur, kentang kukus yang telah dihancurkan dicampur dalam mixer hingga rata dengan kecepatan rendah. Tambahkan susu cair lalu dimixing kembali dengan kecepatan sedang agar adonan menjadi agak kalis. Kemudian masukkan garam dan margarine, mixing kembali dengan kecepatan penuh sehingga adonan benar-benar kalis. Adonan diletakkan di atas wadah nampan lalu ditutup selama 1/2 jam dengan plastik agar adonan mengembang. Setelah adonan mengembang, tekan adonan agar udaranya keluar. Tipiskan adonan sesuai dengan ukuran yang dinginkan dengan memakai rolling pin. Cetak adonan dengan menggunakan cetakan donat (donut cutter) atau dicetak secara manual. Letakkan adonan pada loyang yang telah berisi taburan tepung terigu. Langkah selanjutnya, goreng kue dalam minyak panas hingga berwarna kecokelatan.
Setelah itu adalah tahap pembuatan selai aloe vera. Kupas kulit daun aloe vera (lidah buaya) lebih kurang 10 lembar dengan memakai pisau untuk mendapatkan dagingnya. Cuci bersih lalu direndam selama 15 menit ke dalam larutan asam askorbat (air jeruk) dengan tujuan menghilangkan lendir aloe vera. Cuci kembali dengan menggunakan air bersih, lalu tiriskan. Blender daging aloe vera tersebut hingga halus. Masukkan dan aduk rata bahan-bahan seperti gula pasir (200 gr), asam sitrat (air jeruk nipis), dan agar-agar (1 bungkus) ke dalam daging aloe vera yang telah diblender. Panaskan sampai mendidih campuran adonan tersebut hingga terbentuk gel. Setelah gel terbentuk, hentikan pemanasan, kemudian lapisan busa yang ada di permukaan dibuang. Selai aloe vera siap dioleskan di permukaan donat dan selanjutnya kue dikemas dalam wadah yang cantik agar lebih menarik konsumen.

10. Bisnis Kerajinan Pembuatan Boneka

Wanita biasanya memiliki keterampilan tangan lebih baik dari laki-laki. Hal ini merupakan modal awal untuk terjun ke bisnis pembuatan boneka rumahan. Salah satu jenis boneka yang bisa anda lirik sebagai lahan bisnis adalah boneka wisuda. Boneka wisuda (graduation doll) dapat dijadikan sebagai hadiah atau souvenir untuk para wisudawan dan wisudawati. Jika anda merupakan seorang pengerajin boneka, maka pembuatan produk Boneka Wisuda merupakan salah satu celah bisnis yang menguntungkan, apalagi masih sedikit kompetitor yang melirik bisnis ini. Untuk sukses dalam usaha ini, ada beberapa kiat yang sebaiknya anda lakukan, diantaranya:
  1. Menggunakan bahan-bahan yang sesuai standar nasional
  2. Menyediakan boneka dengan beragam ukuran, misal ukuran kecil (30 cm), ukuran sedang (40 cm), dan ukuran besar (50 cm).
  3. Selain berupa sosok pelajar, sediakan pula koleksi boneka wisuda dalam model maskot lain, seperti bentuk Doraemon, Teddy Bear, Hello Kitty, Sponge Bob, Winnie The Pooh, Mickey Mouse, dan sebagainya.
  4. Pemasaran harus go online untuk menjangkau pasar yang lebih luas, termasuk luar negeri.
  5. Menjual dengan harga terjangkau, misal boneka wisuda Size Cutesmall +- 20cm @Rp 55.000, Size Small +- 30cm @Rp 90.000, Size Medium +-40cm @Rp 100.000, Size Big +-50cm @Rp 150.000
  6. Menjalin kerjasama dengan para pengelola kampus atau penyelenggara wisuda.
  7. Bersedia menerima pesanan model sesuai keinginan pelanggan.

11. Bisnis Minuman Kemasan Cup

Bidang bisnis ini cukup populer bagi pemula. Ada banyak variasi minuman kemasan, misalnnya teh kemasan, ice blender, kopi cup, dan sejenisnya. Ciptakan resep minuman khas dengan rasa menarik. Untuk memulai bisnis produksi minuman kemasan ini, modalnya tak terlalu besar. Yang anda butuhkan adalah resep minuman dengan rasa special, gelas plastik (cup), dan mesin seal yang harganya sekitar 500 ribu sampai dua jutaan rupiah, serta mungkin juga sebuah booth kecil. Jika anda masih belum memiliki gambaran jelas tentang usaha rumahan ini, maka bisa mencoba bergabung dalam bisnis kemitraan waralaba.
Usaha rumah tangga lainnya yang bisa anda pilih dengan modal di bawah 1 jutaan rupiah adalah usaha produksi susu kedelai. Untuk membuat susu kedelai, bahan-bahan yang diperlukan antara lain kacang kedelai, gula, air, dan daun pandan. Sementara itu, peralatan yang dibutuhkan diantaranya panci, blender, kompor, dan alat saring. Proses pembuatan susu kedelai yaitu: memilih kacang kedelai, perendaman dalam air panas selama 4-5 jam, setelah itu, kacang yang telah terkelupas kulitnya diblender hingga benar-benar halus. Proses berikutnya adalah penyaringan,dan hasil saringan (air kedelai) tersebut dipanaskan dalam panci. Dalam proses pemasakan, aduk pelan-pelan selama 1 jam hingga mendidih. Setelah proses tersebut, susu telah matang kemudian tunggu hingga dingin untuk siap dikemas.

12. Bisnis Kuliner

Jika berbicara mengenai usaha makanan, tentu ada seratusan ide usaha yang bisa anda gali. Jika Anda memiliki resep makanan yang unik kreasi sendiri atau pun resep warisan keluarga atau snack yang digemari banyak orang, maka Anda harus mempertimbangkan usaha ini. Bisnis ini sangat cocok untuk orang yang menyukai dan gemar tentang dunia kuliner. Tidak sedikit orang yang berhasil menjalankan bisnis makanan, bahkan bisnisnya semakin berkembang pesat dan membuka cabang di tempat lain dengan konsep sendiri atau sistem waralaba.

13. Usaha Pembuatan – Penjualan Souvenir dan Parcel Hadiah

Ada banyak variasi souvenir hadiah yang bisa anda buat untuk beragam keperluan, misalnya souvenir pernikahan, souvenir kado ulang tahun, souvenir oleh-oleh, dan sebagainya. Kunci kesuksesannya adalah menciptakan produk souvenir yang unik dengan harga kompetitif.

14. Bisnis Ibu Rumah Tangga sebagai Agen Asuransi

agen asuransi
Bisnis sampingan untuk para ibu rumah tangga yang bisa dirintis dengan modal kecil namun berpeluang menghasilkan passive income besar adalah menjadi agen asuransi, baik itu agen asuransi kesehatan, asuransi pendidikan, asuransi mobil, dan asuransi perlindungan lainnya. Menjadi agen asuransi dapat dilakoni sebagai pekerjaan sampingan dengan jam kerja yang fleksibel, atau bagi ibu-ibu rumah tangga bisa dilakukan disela-sela waktu luang di rumah. Pasar dan target pemasarannya bisa difokuskan di berbagai tempat, mulai dari teman-teman sekantor anda, kerabat dan keluarga, serta warga masyarakat di sekitar lingkungan anda.

Untuk mendaftar menjadi agen sebuah produk atau perusahaan asuransi tidaklah terlalu sulit, begitu juga dengan modal awalnya. Bahkan banyak perusahaan asuransi yang menggaet agen asuransi tanpa persyaratan modal (iuran keanggotaan). Beberapa perusahaan asuransi menarik iuran pendaftaran di bawah 500 ribu rupiah yang digunakan untuk beberapa keperluan, misalnya untuk biaya ujian sertifikasi agen asuransi via online, sehingga para agen terlihat profesional dan diakui secara hukum.

15. Usaha Pertanian Pembuatan Kebun Vertikal

bisnis pembuatan kebun vertikal
Kreatiftas pembuatan kebun vertikal atau disebut juga green wall / biowalls / ecowalls dapat menjadi celah usaha yang cukup menjanjikan. Apa lagi jika berkebun merupakan hobi anda, maka menggeluti bisnis ini tentu rasanya cukup menyenangkan. Dalam pembuatan media tanam untuk kebun vertikal diupayakan agar mudah dalam pengangkutan (pemindahan), terkesan praktis (tidak ribet) , dan tetap mempertimbangkan unsur keindahan. Dengan prasyarat tersebut, para calon pembeli akan merasa bahwa produk yang anda tawarkan bisa memenuhi kebutuhan mereka, entah itu untuk indoor (dalam ruangan) mapun outdoor (luar ruangan). Media tanam yang banyak digunakan untuk kebun vertikal adalah pipa paralon. Dengan modal 5 juta rupiah, anda bisa melakoni bisnis pertanian ini.

16. Usaha Pembuatan Pupuk Kompos

Sejalan dengan bisnis kebun vertikal, Anda yang memiliki lahan cukup luas di belakang rumah, bisa mencoba merintis usaha ini. Untuk memulai usaha ini, ada 3 hal pokok yang wajib disediakan, yaitu bahan sampah organik (misal sayur, dedaunan, kertas, ampas pertanian, dsb), media pengomposan (lobang tanah atau bak), dan alat-alat penunjang. Media tempat pengomposan adalah berupa lobang tanah berbentuk persegi dengan ukuran 2m x 4m dan kedalamannya sekitar 1,5m. Buat dua lobang agar lebih mudah dalam proses pembalikan. Sementara beberapa alat yang diperlukan, antara lain mesin pencacah (bisa memakai pisau secara manual), ayakan, aktivator pengomposan (misal SuperDec, BioPos, EM4, Green Phoskko Organik, dan sejenisnya yang bisa dibeli di toko pertanian), plastik kemasan, dan mesin seal (mesin segel) atau diikat secara manual. Dengan modal 5 jutaan rupiah, bersiaplah untuk mencoba usaha rumahan ini.

17. Bisnis Pembuatan Bumbu Kemasan

Bumbu menjadi satu hal yang tak asing bagi kaum hawa. Membuat bumbu yang siap pakai bisa menjadi peluang bisnis rumah tangga yang menjanjikan. Membuat bumbu pedas siap pakai yang bisa kita simpan dalam rentang waktu yang lebih lama adalah hal yang cukup mudah, apalagi untuk masakan Indonesia yang cita rasanya pedas umumnya memakai bumbu yang sama kecuali bumbu daunnya. Untuk membuat bumbu siap pakai, berikut ini disajikan contoh pembuatannya. Aneka bahan bumbu yang dipakai antara lain: Bawang merah 40 siung; Bawang putih 10 siung; Tomat 1 buah; Cabai merah giling 1/2 kg; Garam 2 sdt; Gula pasir 1 sdt; Terasi matang 1 sdt; dan Minyak goreng 200 ml.
Itulah 17 Bisnis Ibu Rumah Tangga Yang Menjanjikan versi Belajar Tekno Sistem pada artikel kali ini.