Ini Alasan Kenapa Harus Ganti Oli Motor Matic Secara Berkala

Ganti Oli Motor Matic Berkala - Menganti Oli motor tentunya merupakan sebuah perkara rutinitas yang tentunya dilakukan oleh setiap pengguna/pemilik kendaraan. Dalam buku petunjuk kendaraan, telah diterangkan secara detail proses kapan waktunya ganti oli motor matic secara berkala, secara umum oli mesin khusus sepeda-motor wajib diganti setiap menempuh jarak 2,500 KM sampai dengan 3,000 KM.


Dibeberapa produk jenis oli motor yang beredar banyak menawarkan kelebihan pelumas untuk motor matic kamu, pesoalannya apakah teknologi yang digunakan sudah mengandung aditif yang berkualitas? ada baiknya kamu cek terlebih dahulu rekomendasi oli motor terbaik di indonesia yang sudah pernah kami rilis pada artikel sebelumnya.


Lalu yang menjadi pertanyaan adalah, bagaimana jika motor matic kamu jarang digunakan bahkan tidak pernah dipakai? apakah waktu penggantian oli atau oil refreshment ini perlu dilakukan sesuai buku petunjuk? Perlukah mengganti oli ketika kendaraan digunakan dalam tempuh jarak 2500-3000 km?


Kenapa Harus Ganti Oli Secara Berkala?

Ganti Oli Motor Matic Berkala


Selama masa pemakaian kendaraan, oli sepeda-motor kamu tentunya mengikat kotoran dari hasil pembakaran emsin, yaitu serbuk besi. Hal itu disebabkan karena adanya gesekan antar komponen mesin. Sehingga ketika oli dibiarkan dalam waktu yang lama dan tidak segera diganti, dapat menimbulkan endapan. Endapan tersebut bisa menumpuk di ruang mesin, yang dapat dengan mudah menyebabkan kerusakan pada mesin motor matic kamu.


Inilah alasan utama kamu wajib mengganti oli motor matic secara berkala selain faktor diatas tujuannya adalah untuk menyaring residu dan kotoran di dalam oli.


Selain itu, ada beberapa jenis oli motor yang saat ini mengandung bahan aditif dan dispersan yang dapat membantu membersihkan residu lengket pada mesin kamu.


Apa Bahayanya Jika Tidak Mengganti Oli Secara Rutin?

  • Komponen mesin menjadi cepat rusak dan biaya perawatan mahal
  • Mesin menjadi cepat panas (overheating)
  • Membuat bahan bakar menjadi boros
  • Kurang nyaman pada saat dibawa jarak jauh
  • Usia mesin jadi lebih pendek

Setelah masa pemakaian lama, komponen aditif dalam oli sepeda motor kamu akan aus, seperti pembersihan, anti oksidasi, mencegah reaksi kimia akibat lingkungan, mesin anti aus, maka disarankan untuk menggunakan oli yang memang tahan lama dalam usia pemakaian, disini anda bisa membaca artikel kami sebelumnya bagaimana cara memilih oli motor matic terbaik untuk kendaraan kamu.


Kembali pada topik alasan kenapa harus ganti oli motor matic secara berkala, karena jika dibiarkan lama, maka komponen aditif ini akan mengalami perubahan sifat yang akan sangat merugikan mesin motor matic kamu. Jadi sebaiknya ganti oli motor matic secara berkala untuk memastikan bahwa komponen aditif dalam oli selalu memadai untuk melindungi mesin.


Baca juga : Cari Rekomendasi Oli Motor Matic Terbaik? Ini Dia Pilihannya

Alasan lainnya, mungkin sudah banyak yang tahu. Oli adalah urat nadi dari komponen yang mencuci permukaan detail mesin. sehingga kinerja mesin motor matic kamu akan tetap terjaga dan dalam kondisi prima.


Itulah informasi berita-terbaru kali ini yang bisa kami sampaikan. Semoga bisa terbantu, dan memberikan referensi.

Lebih baru Lebih lama