Cari Rekomendasi Oli Motor Matic Terbaik di Indonesia, Ini Pilihannya!

Cari rekomendasi oli motor matic terbaik di Indonesia, Ini Pilihannya! - Oli merupakan komponen penting dalam mendukung kinerja mesin dan komponen-komponen motor. Fungsi dasar dari oli mesin yakni melumasi komponen-komponen mesin sehingga mencegah gesekan langsung antar komponen dan keausan.


Selain sebagai pelumas, oli motor matic kualitas baik dapat menurunkan temperatur mesin dengan optimal. Saat mesin dalam kondisi mati, oil akan kembali ke bak penampungan di dalam mesin. Saat proses ini terjadi, oli akan membawa panas dari komponen mesin motor saat mengalir kembali ke bak penampungan. Sehingga mencegah mesin mengalami overheat.


Apa Fungsi Oli Untuk Mesin Motor?

Sebenarnya apa sih fungsi dari oli untuk mesin motor matic? Berikut ada beberapa fungsi oli untuk mesin motor yang akan dibahas pada artikel ini.

  1. Oli memiliki peran penting dalam membersihkan komponen mesin. Oli mesin motor matic dibuat dengan menggunakan dua bahan, yakni Aditif dan Base Oil. Komponen aditif dalam oli memberikan perlindungan komponen mesin dengan aktif membersihkan komponen mesin dari sisa-sisa pembakaran. Sedangkan, Base Oil memberikan pelumasan pada komponen mesin.
  2. Fungsi oli yang secara aktif membersihkan mesin motor matic, hal ini berdampak positif pada performa mesin motor yang optimal. Saat mesin motor kamu bersih dan bekerja dengan lancar, akan memaksimalkan kinerja mekanis mesin motor matic kamu.
  3. Oli terbaik tentunya dapat memperpanjang usia komponen mesin motor.

Tentunya dengan melakukan pergantian dengan menggunakan rekomendasi oli motor matic terbaik di Indonesia secara rutin dapat mencegah penumpukan karbon sisa pembakaran pada ruang mesin dan menjaga kebersihan ruang mesin.


Jangan Sembarangan Memilih Oli Untuk Motor Matic Kamu



Tentunya ada banyak jenis oli motor matic yang beredar dipasaran Indonesia. Nah sebelum kamu membeli oli alangkah baiknya bila kamu mengenali jenis-jenis oli terlebih dahulu. Berikut beberapa jenis oli motor matic yang ada di Indonesia.


1. Oli Mineral

Oli Mineral merupakan produk pelumas untuk mesin motor yang terbuat dari oli bumi. Jenis oli ini pada dasarnya yakni oli mesin paling dasar yang direkomendasikan pada mesin berkapasitas kecil, tidak menimbulkan banyak tekanan mekanis saat berjalan.


Sebagian besar produsen tentunya akan merekomendasikan agar pemilik motor baru menggunakan oli mineral karena memberikan perlindungan mesin yang baik untuk beberapa kilometer pertama saat mesin berjalan.


Keuntungan dari oli mineral yakni harganya sangat terjangkau dan tidak akan merugikan dompet kamu walaupun dengan penggantian oli yang sesering mungkin. Tetapi kelemahan dari oli ini yakni tidak tahan lama.


Jadi kamu harus memastikan bahwa kamu menggantinya pada interval yang tepat. Bahkan dengan seringnya mengganti oli, namun masih cukup terjangkau oleh kebanyakan orang dari sisi harga.


2. Oli Semi Sintetik

Merupakan campuran oli mineral dan oli sintetik. Produsen telah mengambil yang terbaik dari kedua dunia; harga yang wajar dari oli mineral dan aspek kinerja tinggi dari oli ini. kamu juga akan mendengar rekomendasi untuk beralih ke oli semi-sintetik setelah kendaraan dipoles dengan oli mineral.


3. Oli Sintetik

Sepenuhnya yang terbaik dari yang terbaik. Terdiri dari polimer murni dari oli buatan produsen, oli ini tidak dibuat dengan produk alami, melainkan campuran zat kimia. Contoh terbaik tentang kapan harus menggunakan oli dimana kamu ingin merasakan sensasi mesin dengan performa tinggi yang sering mengalami banyak tekanan. Superbike dan mobil balap merupakan salah satu contoh utama mesin yang membutuhkan bantuan oli sintetis penuh.


Manfaat utama dari oli sintetis adalah bahwa mereka tidak akan menurunkan kualitas karena direkayasa untuk memiliki siklus hidup yang sangat panjang. Mereka tidak akan rusak secepat oli mineral atau semi-sintetik. 


Mereka juga memberikan kinerja pelumasan terbaik tanpa putus di bawah tekanan (selama oli yang benar digunakan). Beberapa produsen juga mengklaim bahwa oli sintetis khusus mereka akan meningkatkan kinerja tetapi itu masih merupakan topik yang sangat subjektif.


4. Oli Ester

Oli ini digadang-gadang cocok digunakan untuk motor matic yang selalu berpacu dikecapatan tinggi. Oli ini mampu menjaga suhu mesin lebih stabil dan melindungi komponen mesin dari gesekan yang bisa mengakibatkan lecet dan keausan. 


Ada harga ada kualitas, ya ini lah oli ester yang tentunya memiliki kualitas yang jauh lebih baik dibandingkan jenis oli motor matic yang lainnya.

Baca jugaKenapa Harus Ganti Oli Berkala?


Lalu Mana Rekomendasi Oli Motor Matic Terbaik?

Rekomendasi Oli Motor Matic Terbaik di Indonesia


Menurut berita-terbaru.net tentunya setiap pengguna atau pemilik motor matic memiliki kebutuhan dan aktivitas yang berbeda-beda. Dari situlah oli akan worth it digunakan untuk motornya. Namun jika dilihat dari segi kualitas, maka Oli Ester adalah rekomendasi oli motor matic terbaik di Indonesia yang bisa kamu gunakan.

Lebih baru Lebih lama